(Semoga) Sukses #ProjectWork2014

Halo ketemu saya lagi kawan :), saya nggak bo'ong kan kalo saya bakal balik buat cerita-cerita lagi? hehe. Kali ini saya mau cerita sedikit tentang sebuah misi besar saya sepanjang tahun 2014. Sebuah tugas yang diamanahkan oleh sekolah saya dari tahun ke tahun, dari generasi ke generasi serta setia diwariskan dari angkatan pertama hingga kini *ceilah*. Tugas tersebut taklain dan tak bukan adalah...

*pake backsound biar seru*

*jeng- jeng*

*tadaaa*

"Project Work 2014"

*prok- prok*

*hening*

Oke, mungkin dari kalian masih bertanya- tanya apa itu Project Work 2014 ?. Jadi gini, tugas tahunan 'khas' sekolah saya, semacam Tugas Akhir buat anak kuliahan gitu. Bedanya, tugas ini diberikan bukan pada tahun terakhir tapi, diberikan pada tahun kedua semester akhir. Tugas ini dulunya memang bernama Tugas Akhir ( TA ). Tetapi, pada dua tahun terakhir, dengan beberapa pertimbangan dari pihak sekolah tugas ini diganti menjadi "Project Work". Intinya, tugas ini merupakan suatu project buat siswa kelas dua semester akhir untuk membuat suatu produk atau aplikasi IT sesuai dengan program keahlian di sekolah saya yang memang Teknik Informatika. Ada beberapa tema yang bisa diambil diantaranya, Web Application ( Aplikasi Web ), Mobile Application ( Aplikasi Mobile ), Desktop Application ( Aplikasi Desktop ), Multimadia, Jaringan dan Machine to Machine ( M2M ). Kita diminta untuk memilih salah satu dari beberapa pilihan tema tersebut, kemudian memutuskan akan membuat aplikasi atau produk macam apa. Seperti layaknya Tugas Akhir, Project Work ini juga ada ujian kulminasi atau presentasi produk yng nantinya akan diuji oleh bapak- ibu guru penguji dari sekolah dan tamu dari industri. Kita juga diberi satu orang pembimbing untuk beberapa kelompok. Nah, guru pembimbing kebetulan adalah Pak Rahmat, guru pelajaran Jaringan Komputer. Beliau juga jadi kepala pelaksana Project Work ini lho hehe.

Oiya, satu kelompok itu ada tiga orang, bebas boleh dari jurusan TKJ atau RPL yang diketuai oleh seorang ketua kelompok. Kebetulan kali ini, saya merupakan salah satu dari ketua kelompok yang dipilih oleh sekolah *ceilah*. Bukannya sombong, ketua kelompok memang dipilih berdasarkan peringkat 106 besar rata- rata pelajaran produktif selama semester satu kemaren. Jadi, total ada 106 kelompok.

Sedikit cerita aja, saya juga nggak ngerti kenapa tiba- tiba bisa masuk jajaran tersebut, padahal ya.. bisa dibilang semester satu kemaren itu adalah semester penuh 'struggle' selama saya disini. Banyak tekanan disana- sini, sempet kelabakan juga sama list remidi, sampai saya lupa sama blog ini juga hehe.. Mengingat, semester kemaren itu nilai pada jeblok gara- gara ujian online perdana di sekolah. Ujian online yang bener- bener 'online', nggak pake web kayak yang biasanya disekolah lain. Tapi, lansung pake aplikasi 'client- server' yang bikin ngeri. Setiap peserta soalnya beda, ada timernya, dan nilai langsung muncul waktu disubmit ke server. Jangan ditanya nilai saya macam apa, 'do re mi fa so la si do' deh tapi banyak 'fa so la si' nya hehe.  Tapi ya gitulah hidup, selalu banyak kejutan, God knows all of our struggle and He knows how to surprise our life right? :)).


Ini pelajaran KWU sih kebetulan lagi bagus aja dapetnya segini, karena soal- soalnya udah ada di modul semua sih x)).

Ya gitu deh, eh ini kok malah jadi curhat ujian online sih -.-. Oke, back to topick, setelah saya jadi ketua maka, hal berikutnya yang saya lakukan adalah ngibrit ke kantin abisin lima piring porsi indomi. Eh, enggak ding ya.. pasti saya cari anggota lah yang mau kerja bareng sama saya. Gitu. Lalu, setelah menyelami kelas demi kelas akhirnyaaaa ketemu lah jodoh saya, eh anggota ding. Ini dia penampakan kedua makhluk tersebut.

Ini namanya Zahua, orangnya pintar, baik, cantik, rajin, berkerudung lagi, pokoknya istriable banget lah :))

Nama lengkapnya Adi Prasetya tapi, biasa dipanggil Bendol. Cowok gaul yang pinter ngedesain dan suka bagi- bagi stiker hasil designnya :D

Nah, setelah menemukan mereka, esok harinya saya pun lansung login dan me- registrasikan nama kelompok kami di website Project Work.

Together, impossible is nothing! :))
Awalnya, emang kelompok kami pilih tema Web Application, tapi setelah melewati perundingan yang cukup panjang kita memutuskan untuk move on ke Mobile Application. Setelah memutuskan keputusan itu banyak teman yang bertanya- tanya. Berikut adalah pertanyaan- pertanyaan yang sering kita dengar

Kenapa harus milih Mobile Application? 
Karena, seperti yang udah kita tau kalo sekarang aplikasi mobile sekarang udah jadi trend bahkan lifestyle dan kita tertantang untuk mencoba hal baru itu.

Tapi Mobile Application kan ribet codingnya, teknologinya masih baru juga, belum familiar dan biasa?
Justru itu, kita malah tertantang untuk belajar mendalami hal baru itu. Kan, teknologi selalu berkembang, masa kita enggak?

Ya, terserah kamu dah kalo aku mah cari aman aja :)
Ya terserah juga, setiap orang boleh beralasan kok dan tadi itu alasan kita, doain kita bisa ya sob :))

Intinya, apapun bidang dan tema yang kalian (khususnya para temen- temen seangkatan saya dan para adek kelas ntar), pilih sesuai passion dan sreg nya ati aja, begitu juga kalo pilih kelompok pilih yang punya chemistry *ceilah* juga biar nyambung. Okedeh, sekian dulu curhatnya, wish us luck guys! :))

Share this:

JOIN CONVERSATION

2 komentar:

  1. itu website Project Work nya buatan nanda - setya bukan sih ? woyo semangat yoo gawe angkatan 21 :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut kabar sih gitu mbak, okee semangat uan juga mbak ;)) hehe

      Hapus