Belajar PHP #3: Menggunakan Fungsi Array

Halo teman- teman masih berhubungan dengan postingan saya sebelumnya. Kali ini saya mau share yang masih sama yaitu Pemrograman Internet, dengan bahasa pemrograman PHP lebih tepatnya. Semoga tutorial ini bermanfaat. Cekidot :)

Kali ini saya membuat tutorial sederhana tentang cara membuat tampilan teks sederhana menggunakan fungsi array pada  bahasa pemrograman PHP. Contohnya, resume data diri sederhana. Fungsi array digunakan untuk menyimpan sejumlah data yang bertipe sama. Bagian yang menyusun array disebut elemen array, yang masing- masing elemen dapat diakses tersendiri melalui indeks array.





Untuk membuatnya kita bisa menggunakan software aplikasi Netbeans. Tak lupa, juga menggunakan bantuan dari software aplikasi XAMPP. Sebelum mulai mencoba tutorial ini pastikan, kita telah menginstalasi beberapa software tersebut.


1.      Aktifkan XAMPP Control Panel. Lalu, klik start pada pilihan Apache dan MySQL.


2. Buka Netbeans, disini saya menggunakan Netbeans IDE  7.3.
3. Pilih ikon “New File” pada toolbar, maka akan muncul jendela “New File”. Pada kolom “Project” pilih folder project yang kita telah kita buat (cara membuat project lihat postingan sebelumnya). Pastikan “Categories” mengarah pada pilihan “PHP” dan “File Types” mengarah pada pilihan “PHP File”. Kemudian tekan “Next”.


4. Akan muncul step berikutnya yaitu mengisi nama file, isikan nama file tersebut pada kolom “File Name” (misal: Praktikum2). Kemudian klik “Finish”.

5. 1.       Ketikkan script berikut.
<?php

echo "<font color= black face='Calibri'>";

//variabel
$biodata[0] = "KEN ALIFIA KIRANA";
$biodata[1] = "KEN";
$biodata[2] = "XI TKJ 1";
$biodata[3] = 1;
$biodata[4] = 16.00;

//deklarasi konstanta
define("SEKOLAH","SMK Telkom Sandhy Putra Malang");
define("SAKU","300.000/bln");

//casting string ke integer
$biodata[5]=(int)SAKU;

//tampilan PESAN dengan PRINT tanpa FORMAT
print("RESUME DATA DIRI");
echo "<br>";
echo "<br>";

//tampilan PESAN dengan PRINTF
printf("\nNama Lengkap saya %s, saya adalah siswa \"%s\"",$biodata[0], SEKOLAH);
printf("\n. Nama Panggilan saya \t\t %s", $biodata[1]);
printf("\n, umur saya\t\t\t %d tahun", $biodata[4]);
printf("\n. Saat ini (2013), saya merupakan siswa kelas \t\t %s", $biodata[2]);
printf("\n. Uang Saku saya \t Rp.%s",SAKU);
printf("\n. Jarak sekolah dengan tempat tinggal saya adalah %d km lumayan ", $biodata[3]);

//PRINT diganti ECHO
($biodata[3]>500) ? print ("JAUH") : print ("DEKAT");
echo ("untuk saya.");
printf("\nDengan uang saku Rp.".SAKU.". Alhamdulillah ");
($biodata[5]<500) ? print "CUKUP :)." : print "SISA-nya saya tabung.";

?>


Share this:

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar