Belajar ASP.NET #5: Menggunakan Server Control

Hola friends! ;) postingan ASP kali ini saya masih tetap membahas mengenai salah satu praktikum ASP.Net untuk membuat server control. ASP.Net Control merupakan komponen utama dari ASP.Net Framework yang dieksekusi di server. Kemudian, hasilnya ditampilkan ke browser client. Control- control tersebut dideklarasikan seperti HTML biasa. Tetapi, perbedaannya yaitu penulisan tag <asp:> pada awal jenis control yang akan ditambahkan.



Sebelum kita memulai praktikum ASP.Net kali ini, pastikan kita telah menginstall software Microsoft Visual Studio. Berikut merupakan langkah- langkah praktikum selanjutnya.



1. Buka Microsoft Visual Studio. Disini, saya menggunakan Microsoft Visual Studio Ultimate 2012.


2. Pilih “New Project”, kemudian akan muncul jendela “New Project”. Pada opsi “Templates” pilih “Visual C#” dan pilih sub-opsi “Web”. Lalu, pilih “ASP.NET Empty Web Application”.
3. Masih pada jendela “New Project”, ketikkan nama project yang akan kita buat pada kolom “Name” (misal: Bab2). Tempatkan project ini pada sebuah folder yang telah dibuat terlebih dahulu.


4. Setelah project baru terbentuk, klik kanan pada project yang tadi kita buat. Pilih “Add” – “New Item”


5. Akan muncul jendela baru sebagai berikut. Pilih “Visual C#” – “Web” – “Web Form”. Beri nama file tersebut pada kolom “Name” (contoh: FormBiodata.aspx)


6. Ketikkan script pada gambar berikut.


7. Buat “New Item” kembali dengan mengulang langkah ke-4.

8. Setelah muncul jendela baru sebagai berikut. Pilih “Visual C#” – “Web” – “Web Form”. Beri nama file pada kolom “Name” sesuai “PostBackUrl” pada script diatas (contoh: AutoPostBackResult.aspx)

9. Ketikkan script sesuai gambar berikut.


10. Jalankan file pertama (FormBiodata.aspx) dengan cara menekan Ctrl+F5. Maka, akan muncul tampilan sebagai berikut pada browser kita.



11. Setelah mengisi inputan biodata, lalu menekan tombol “Submit”. Maka, akan muncul tampilan file kedua (AutoPostBackResult.aspx)



Sekian, terima kasih. Semoga tutorial kali ini bermanfaat, selamat mencoba.




Cheers, Ken Kirana J


Share this:

JOIN CONVERSATION

1 komentar:

  1. Terimakasih, Infonya bermanfaat..
    Mau belajar lebih banyak tentang ASP.NET ?
    Ke blog ane juga yuuk, http://blog.jaringanhosting.com
    ada banyak tips-tips ASP.NET,Visual Studio, Hosting dan pemrograman web lainnya . Untuk yang mau tau manfaatnya mengembangkan website ASP.NET MVC baca aja ni artikel ini ..
    Manfaat Mengembangkan website ASP.NET MVC
    Semoga bermanfaat

    BalasHapus