Belajar PHP#5: Menggunakan Array, Fungsi dan Modularisasi

Hola friends! :)) long time no see. Seperti biasa kali ini,  saya masih mau share mengenai Pemrograman Internet, dengan mengunakan bahasa pemrograman PHP lebih tepatnya. Semoga tutorial ini bermanfaat. Cekidot :)

Kali ini saya membuat tutorial  tentang cara membuat tampilan desain web sederhana menggunakan array, fungsi dan modularisasi pada bahasa pemrograman PHP. Untuk membuatnya kita bisa menggunakan software aplikasi Adobe Dreamweaver. Tak lupa, juga menggunakan bantuan dari software aplikasi XAMPP. Sebelum mulai mencoba tutorial ini pastikan, kita telah menginstalasi beberapa software tersebut.



       1. Aktifkan XAMPP Control Panel. Lalu, klik start pada pilihan Apache dan MySQL.


2. Buka Adobe Dreamweaver, disini saya menggunakan Adobe Dreamweaver CS6.


3. Klik kanan pada “Site” pilih “New File”, untuk membuat file baru.


 4. Kemudian, double klik pada file baru tersebut dan beri nama pada file tersebut memakai format file .php (contoh: modul5_header.php).

5. Ketikkan script berikut (perhatikan gambar berikut).



6. Setelah file header terbentuk, saatnya membuat file content. Buat kembali file baru dengan langkah yang sama seperti langkah ke-3.



7. Double klik pada file baru tersebut dan beri nama pada file tersebut memakai format file .php (contoh: modul5_content.php).

8.  Ketikkan script pada gambar berikut.


9. Setelah file content terbentuk, saatnya membuat file content. Buat kembali file baru dengan langkah yang sama seperti langkah ke-3 dan 6.


10. Double klik pada file baru tersebut dan beri nama pada file tersebut memakai format file .php (contoh: modul5_footer.php).

11. Ketikkan script sesuai pada gambar berikut.


12. Untuk mempermudah pemanggilan ketiga file yang tadi kita buat (header, content dan footer) maka, dibutuhkan Modularisasi. Modularisasi berarti melakukan pembuatan program berdasarkan modul- modul.

Kemudian, buat file modularisasi dengan cara membuat kembali file baru dengan langkah yang sama seperti langkah ke 9.


13. Modularisasi yang kita pakai menggunakan statement Require, cara penulisannya adalah require(namafile); . Seperti script pada gambar berikut.


14. Jalankan file modularisasi diatas menggunakan alamat localhost pada browser, seperti berikut.



Sekian, terima kasih. Semoga tutorial kali ini bermanfaat, selamat mencoba.



Cheers, Ken Kirana J






Share this:

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar